Tuesday, November 1, 2016

Jatuh Terpeleset kena Tulang Ekor

Salah satu chapter dalam kehidupan saya itu ada bagian dimana saya jatuh terduduk dan kena tulang *deket* ekor. Tulang sakrum. Itu luar biasa ngilunya. Beberapa orang Pasti pernah ngalamin.

Kejadiannya itu terjadi saat saya mau berangkat ngantor dan terjatuh dengan cara terpeleset akibat Sol sepatu yang licin dan lantai yang basah kena air hujan.  Saya ga inget gimana mekanisme nya, pokoknya tiba2 saya udh ada di tanah dan susah bangkit. Untung ada Ibu Kontrakan yang bopoh badan saya buat bangun. Pas bangun, sekujur badan saya mulai dibanjiri keringat dingin Trus perut berasa mual Mau muntah.

Saya kuatin badan buat jalan ke Klinik tempat biasa saya praktek sore yang jaraknya ga terlalu jauh. Sesampainya disana saya langsung diinjek analgesik dosis tinggi dan disuruh baring di atas Bantal panas. Rasanya klo Mau bangun Dari tidur, Mau duduk, itu luar biasa ngilu banget. Apalagi klo Mau jongkok pas pipis. Huaaaaaaaah. Mantap.

Awàlnya saya ga berani buat bilang suami ataupun orangtua. Takut mereka khawatir. Tapi setelah dipikir2 ini masalah serius dan saya susah beraktifitas normal,  akhirnya saya beranikan diri untuk bilang. Dan Ibu saat itu juga langsung berangkat Dari bandung ke pangandaran buat jemput anaknya. Benar adanya yaa klo kasih Ibu itu sepanjang masa. Padahal anaknya udh nikah dan udah punya suami tapi teteup anaknya dikhawatirkan.

Sesampainya di Bandung, orangtua langsung mengarahkan saya ke rumah sakit Advent Bandung. Tadinya saya Mau konsul ke dokter saraf tapi ternyata disana ada juga spesialis tulang belakang. Alhamdulillah. Tapi dokter nya itu cuma praktek hari minggu dan itupun sore jam 4 an.

Biaya pendaftaran di rumah sakit Advent dan biaya konsultasi dokter udah digabung dan harus dibayar di awal. Biayanya sekitar Rp. 215.000. Standard lah ya untuk berobat ke spesialis.

Saat di periksa dokter saya cuma disuruh gerak kaya ruku, miringin badan ke kanan Kiri depan belakang Trus disuruh tengkurep. Dokter nya kaget pas liat bagian bokong lebam kebiruan lebar. Ya iya dong kan jatoh sekaligus. Ga kebayang klo korban2 smack down yang dibanting2 badan ya itu linu dan lebamnya sebesar apa. Hiiiii. Dokter Trus ngasih rujukan buat rontgen (kebetulan rumah sakitnya udh include poli rontgen Jadi bisa langsung). Hasil rontgen nya sih tidak menunjukkan adanya fraktur hanya dislokasi sendi tulang sakrum 1 aja. Alhamdulillah.

Setelah di periksa beres saya dikasih Surat sakit untuk istirahat selama 2 minggu. Instruksi selama 2 minggu itu saya harus sholat sambil duduk dulu, ga boleh banyak gerak, klo duduk di tempat empuk *atau bisa pake Bantal Donat*, dan wajib Pakai korset lumbal-sakrum selama 23 jam.

Total biaya pengobatan untuk jatoh kepeleset itu:
Biaya pemeriksaan Rp. 215.000
Rontgen Rp. 312.000
Obat (voltaren) Rp. 140.000
Korset Lumbal-Sakrum Rp. 700.000

Lumayan yaaaaa.
Sekarang2 saya mulai belajar jalan anggun yang tiap langkahnya Diliat dulu. Trus harus pelan-pelan. Ga boleh rusuh. Harus kaya Princess pokoknya.
Karena jatoh terpeleset aja biayanya ternyata mahaaaal broo. Hoooosssssh.

No comments:

Post a Comment