Thursday, April 12, 2018

Hunting Tempat Bersalin

Minggu ini usia kandungan saya sudah menginjak usia 28 minggu dimana sudah masuk di trisemester ketiga. Alhamdulillah. 2 bulan lagi mendekati due date. Saya sama suami sudah mulai searching2 persiapan lahiran dari mulai list belanja peralatan bayi sampai tempat dimana nanti melahirkan.
Sejak awal hamil memang saya selalu rajin kontrol di rumah sakit khusus ibu dan anak dan konsul dengan dokter Sp.OG. Tapi... Semenjak mendekati waktu lahiran, saya sama suami banting setir ke klinik bidan. Entah kenapa. Dan gamau lahiran di rumah sakit. Selain karena pertimbangan finansial, saya sama suami pengen lahirannya nanti itu simpel normal lungsur langsar tanpa ditakuti2 harus SC.
Sempet searching searching juga dimana tempat bersalin yang "enakeun" di sekitaran bandung dan cimahi yang deket rumah dan terjangkau. Pernah kepoin di instagram ada klinik harkel (harapan keluarga). Tempatnya bagus, bersih, ala-ala sunnah rosul, pake hypnobirthing. Tapi itu jauuuuh banget dari rumah... Kebayang klo udh mules, kelamaan di jalan, belum ditambah macet..   Keburu keberosotan dijalan. Kan ribet yaah. Akhirnya nyari lagi.
Suami juga sempet nawarin pake asuransi dari kantornya yang kerjasama sama rumah sakit dustira cimahi. Tapi lagi2 saya agak kurang sreg klo lahiran di rumah sakit apalagi rumah sakit pemerintah. Nanti susah dikit suruh SC karena biaya pengklaimannya besar. Oh nooooo. Tau sendiri kan yaaa birokrasi rumah sakit kaya apa yang ttp aja menolong orang pake acara komersil. Hehe
Saya pengen lahirannya itu tenang nyaman dan bener bener dimotivasi untuk lahiran normal. Akhirnyaaa saya teringat sama nasehat mertua untuk coba kontrol ke bidan yang notabene dulu temen ibu mertua. Kata beliau disana ada kelas hypnobirthing nya juga. Saya baru nurutin kata ibu mertua di akhir2 kehamilan. Maap ibuuuuuu. Hehe.
Pergilah saya sama suami ke bidan ituuuu namanya bidan onih. Alamatnya di Jl. Karang Arum Bandung. Saat sampai di klinik bidan nya, kesan pertama masuk itu bersih, nyaman, terlihat profesional, banyak pajangan sertifikat dan penghargaan, poster hypnobirthing, dan "enakeun". Baru dateng pertama kali aja saya dalam hati langsung bilang, "mau lahiran disini ajaaa!!" hahahaha.
Disana saya sama suami nanya2, dari mulai biaya persalinan, kapan kelas hypnobirthing diadain, ada senam/yoga hamil atau engga, dan lain-lain. Pemeriksaan USG pun ternyata ada. Biaya nya lebih murah ketimbang di rumah sakit sama Sp.OG. Saya jadi nyesel kenapa ga nurutin apa kata ibu mertua dari awal hamil untuk kontrol ke temennya beliau itu. Malah sok-sok an ke rumah sakit dan maunya sama konsulen. Weeeew. Jadinya berasa buang-buang uang. Upssss. Astagfirulloh...  Hehehe
Dan pada akhirnya saya sama suami memutuskan untuk melanjutkan kontrol kehamilan di minggu-minggu terakhir menjelang persalinan di bidan onih tersebut ajaaaa. Biar sekalian mempersiapkan lahiran disana. Bismillah....
Lungsur langsar sehat bahagia ya naaaak. Kiss kiss 😘😘😘

2 comments:

  1. Untuk jadwal prakteknya tiap hari apa aja ya bidan onih ini bun?

    ReplyDelete
  2. share biaya melahirkan di bidan onih dong??
    sama harga USG nya juga berapa?
    jadwal praktek bidan onih?

    ReplyDelete